Rabu, 01 April 2020

INSPIRASI GURU MENDADAK ONLINE

INSPIRASI GURU MENDADAK ONLINE

Corona..oh..corona..
Wabah satu ini telah mengalihkan duniaku. Demikianlah kata hati para pendidik di sekolah. Mau bilang sulit tapi harus dilewati. Mau bilang susah tapi harus dijalani. Tapi keyakinan dan keikhlasan pendidik sejati seolah memupus semua badai yang dilaluinya.
Namun, hari berganti hari, lama-lama rasa bosan dan galau pasti menyelimuti. Bagaimana tidak, guru harus memikirkan cara apalagi nih yang akan dipakai untuk mengajar online. Ya..Maklum lah namanya saja guru online dadakan, ya nggak sih.
Nah, sobat pendidik yang budiman baik hati dan tidak sombong, kali ini penulis punya beberapa inspirasi yang mungkin bisa dijadikan pilihan alternatif di sela sela PBM online. Simak ya..
1. Buat teka - teki silang sederhana untuk siswa
Kalau di beberapa kali ada kuis yang lagi viral di tengah masa karantina, katakanlah menyusun huruf, tebak gambar, dan lain sebagainya. Nah, kita bisa mengulang memori di mana kita pernah membeli buku TTS buat menghilangkan kejenuhan. Sederhana aja, dari 5 pertanyaan aja bisa jadi sebuah TTS. Materinya bisa pengetahuan umum, kejadian sehari-hari, hobi, dan sebagainya. Atau bisa juga, kita pakai untuk meriviu pelajaran anak-anak hari itu. Buat aja beberapa pertanyaan dan jawabannya, terus gambar TTS di kertas kosong, foto, kirim deh di grup.
2. Main tebak-tebakan lucu
Kalau pas lagi nyantai, kita pasti sering dong main tebak-tebakan seru. Nah, ini juga bisa kita jadikan selingan di sela-sela belajar. Katakanlah untuk pengganti ice breaking di kelas lah ya. Misalkan : Gajah, gajah apa yang suka nempel di tembok. Jawabannya Gajah Kapur Semut. Nggak apa lah meskipun dibantu orang tuanya dikit-dikit. Yang penting bisa memecah kebosanan.
3. Creativity Time !
Berkarya adalah salah satu cara untuk mengekspresikan bakat dan minat. Hal ini bisa juga dikerjakan untuk mengisi kegiatan belajar di rumah. Setiap anak pasti memiliki bakat yang unik, artinya berbeda antara anak yang satu dengan anak lain. Guru harus bisa menfasilitasi bakat tersebut meskipun sedang jarak jauh. Guru memberikan waktu misalkan 1 hari pengumpulannya sebagai tambahan poin tugas di luar pelajaran. Karya anak-anak bisa berupa : karya literasi (puisi, pantun, cerpen, dsb), video pendek (bercerita, menyanyi, kegiatan sehari-hari), Vlog, gambar/lukisan, kerajinan tangan, masakan/jajanan, fotografi, atau apa saja sesuai bakat dan minat siswa. Yang terpenting mereka melakukannya dengan senang hati.
4. Ajak senam lewat video
Biasanya kita mengajak siswa sedikit bergerak di sela-sela belajar di kelas. Meskipun belajar online kita juga mengajak mereka dengan memberikan contoh senam sederhana lewat video yang bisa kita buat sendiri. Karena dengan guru sebagai model video, siswa akan merasa berada di sekolah. Tidak usah lama-lama durasi waktunya, cukup 3-5 menit saja. Misalkan chicken dance, frog dance, senam baby shark, senam otak, dan senam lain yang sekiranya menarik untuk anak usia siswa kita. Dengan syarat, guru tidak boleh malu-malu ya, supaya siswa juga bersemangat untuk menirukan. Happy nge-gym ya...
5. Ajak video call
Nah, terakhir, ini salah satu cara untuk melepas rindu kita bertemu dengan anak-anak. Mereka pasti senang bisa melihat dan bicara langsung dengan kita. Pastinya ya, sudah sekian lama tidak bertemu langsung di sekolah, meskipun tidak semuanya senang, tapi tidak ada salahnya kita melakukan pendekatan ini untuk mengetahui respon mereka terhadap kita. Sebesar apa sih arti kehadiran kita di tengah-tengah mereka. Sapalah mereka dengan sapaan hangat dan bersahabat seperti di kelas. Coba deh.. Pasti merasa seperti di sinetron, di mana dua orang yang lama tak bersua, pastinya akan merasakan rindu.
Baiklah sobat pendidik, demikianlah beberapa inspirasi untuk mengisi sela-sela waktu menjadi guru mendadak online. Semoga bisa bermanfaat dan marilah kita nikmati masa-masa ini dengan hati yang ikhlas dan gembira. Semangaat guru Indonesia...!!

By : 
Ervita Ummul Khoiroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT

Menyiapkan Era Baru Pendidikan di Masa Pendemi COVID-19 bersama KPI Surabaya

Masa Pandemi Covid-19 sangatlah berdampak salah satunya di bidang Pendidikan Untuk memberikan solusi terbaik, kita perlu menyiap...